Bakul.Kita Tujuan, Hasil, Metode dan Prototype
Kekayaan sumber daya alam di Indonesia memengaruhi berbagai jenis sektor usaha yang di jalankan oleh masyarakat. Mulai dari pertanian, perkebunan kehutanan, kelautan serta perikanan dengan hasil yang melimpah. Akan tetapi bagi kebanyakan masyarakat menengah kebawah yang melakukan usaha yang seperti yang di sebutkan diatas, masih memiliki kendala dalam sistem pemasaran dan penjualan hasil panen yang telah mereka hasilkan. Hal itu disebabkan karena terkendala oleh waktu, wilayah dan sulitnya akses komunikasi antara calon pembeli baru dan para penjual. Juga kebanyakan dari para pembeli dan penjual masih mengunakan sistem perdagangan tradisional yaitu dengan cara menemui para penjual baik di pasar, toko-toko dan juga tempat pelelangan ikan.
Maka dari itu tujuan kami membuat aplikasi Bakul.Kita adalah untuk memudahkan para penjual dan pembeli melakukan transaksi dari kejauhan. Hanya dengan menggunakan aplikasi Bakul.Kita memudahkan para penjual dan pembeli berinteraksi dalam sistem jual beli berbasis digital dan para pembeli tidak perlu repot-repot mengunjungi pasar jika hanya ingin membeli bahan pokok saja seperti sayur mayor ataupun daging mentah, hanya cukup mengklik beberapa fitur pada aplikasi Bakul.Kita dan kurir akan mengantarkan pembelanjaan yang sudah di beli ke alamat tujuan yang dituju.
Bakul.Kita adalah (Platform Wadah Belanja Online) yang bertujuan untuk menghubungkan petani, pedagang grosir dengan berbagai jenis usaha serta end-user. Adapun tujuan dan hsil yang akan di capai dari aplikasi Bakul Kita ini adalah:
Tujuan Aplikasi :
- Mengurangi angka pengangguran yang ada di Bandar Lampung.
- Membantu mengembangkan usaha pedagang kecil.
- Meningkatkan peran usaha pedagang.
- Menciptakan lapangan kerja.
- Menghubungkan pembeli dan penjual dalam satu komunitas.
- Pengalaman berbelanja lebih mudah.
- Membantu Petani, dan Pedagang Grosir agar lebih maju dalam penjualan.
- Menjadi penghubungan langsung antara pedagang dan pembeli.
- Menjaga kestabilan harga.
- Membantu Ibu-ibu rumah tangga agar lebih mudah dalam membeli bahan produk.\
Hasil Yang Akan Dicapai
- Pengangguran yang ada di indonesia khususnya bagian wilayah kota Lampung berkurang.
- Memudahkan dalam jual-beli.
- Usaha mikro lebih maju.
- Angka kemisikinan semakin berkurang.
- Keuntungan bagi pembeli dan penjual.
Metode Pencapaian
Tujuan (User Centered Design Methodology)
Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan pembuatan aplikasi ini adalah Metode Design Thinking yakni kerangka kerja proses lima langkah berulang, yang dapat diterapkan ke semua industri dan organisasi untuk memperkuat inovasi, memecahkan masalah, memperkuat kepemimpinan dan meningkatkan kreativitas, sambil membantu pengguna lebih memahami kebutuhan klien akhir mereka dan memberikan layanan terbaik dan solusi untuk klien akhir.
Semenjak pandemic Covid-19 membuat
orang-orang takut dan waspada untuk berada di kerumunan. Ketika sudah memasuki
new normal masih saja warga berusaha keluar untuk bekerja maupun berbelanja
keluar rumah ada pencegatan (PSBB). Banyak toko besar maupun kecil yang hanya
warung biasa pun sulit untuk beroperasi dikarenakan tidak diperbolehkannya
kerumunan. Tetapi ada beberapa pekerjaan yang tetap bisa beroperasi seperti
kurir, dan toko-toko online di berbagai e-commerce.
Covid-19 ini memiliki beberapa dampak kepada beberapa kalangan:
Masyarakat banyak melakukan transaksi secara online.
- Para pedagang yang tidak boleh buka tokonya beralih berjualan online.
- Kurir memiliki banyak pengiriman paket.
- Penjualan online meningkat.
- Dengan antara beberapa dampak negatifnya:
- Toko atau warung yang memaksakan buka akan mendapatkan sanksi dari pemerintah.
- Banyak penjul yang merasa rugi, produk yang tidak terjual biasanya menjadi rusak atau busuk (jenis makanan).
Pemilihan Bidang Produk ialah Konsumsi dan
Produksi yang bertanggung jawab.
Dengan lokasi pemasaran Produk dengan level Minimum
Viable Product (MVP) berada di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia.
Demografi Pengguna yang ditarget antara lain:
- Pria dan Wanita dengan usia 17-60 Tahun.
- Prioritas Pengguna Milenial.
- Tinggal di Ibu Kota Provinsi (Bandar Lampung).
- Memiliki Pendapatan lebih dari 25.000/hari.
·
On Boarding
Tampilan
awal saat anda membuka aplikasi bakul.kita yaitu muncul logo BAKUL.KITA
SEMUA
·
Welcome
Pada saat
anda membuka aplikasi BAKUL.KITA maka tampilan kedua yang muncul adalah WELCOME
BAKUL.KITA, untuk memulai nya maka anda dapat mengklik explore.
· Fitur Area
Jika
sudah anda akan di tampilkan menu pilih area, dimana area tersebut adalah
tempat tinggal anda, pilih area kemiling lalu klik konfirmasi untuk menu
selanjutnya.
·
Menu Home
Home
merupakan menu yang digunakan ketika Anda mencari berbagai produk dari
aplikasi Bakul.Kita. Terdapat fitur pencarian dan berbagai produk yang
dijual menurut kategori sesuai kebutuhan Anda. Ada fitur Flash Sale
digunakan pada saat produk yang lama akan di restok kembali.
·
Deskripsi Produk
Ketika Anda mengklik salah satu produk makan akan diarahkan ke deskripsi produk yang ingin Anda beli.
· Login
Login dilakukan ketika Anda ingin mulai berbelanja dan sudah memiliki akun.
· Daftar Akun
Daftar Akun ketika Anda ingin berbelanja maka harus membuat akun terlebih dahulu dan mengisi berbagai syarat daftar akun..
· Kategori Produk
Kategori produk digunakan untuk Anda yang ingin berbelanja kebutuhan sesuai kategori, seperti sembako, buah, daging dan masih banyak lagi.
· CheckOut
Tampilan ketika produk yang akan Anda beli sudah siap dipesan dan terdapat informasi pesanan seperti produk yang dipesan dan total pesanan.
· Pembayaran
Tampilan ketika Anda telah selesai melakukan checkout pesanan
· Maps
Tampilan lokasi pengiriman barang pesanan, dan informasi kurir
· Menu Resep
Terdapat berbagai macam inspirasi resep yang dapat digunakan untuk Anda yang ingin memasak. Di menu resep juga terdapat fitur menulis resep dan menjadikan Anda kreator resep masakan yang bisa menginspirasi orang lain.
· Tampilan Resep
Ketika di klik salah satu resep masakan maka didalamnya terdapat informasi resep dan juga dapat membeli produk yang terdapat pada resep yang belum ada di dapur Anda.
· Kolom Chat
Digunakan oleh Anda ketika menanyakan stok atau kelayakan produk dan informasi lainnya kepada toko yang akan Anda beli produknya
· Menu Chat
Menu Chat merupakan salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi Bakul.Kita. Fitur ini berfungsi untuk dapat memudahkan interaksi antara penjual dan pembeli.
· Akun Penjual
Akun penjual digunakan untuk para penjual untuk dapat melihat kondisi barang-barang di toko mereka apakah kuantitasnya sesuai, dan juga dapat digunakan oleh para pelanggan untuk melihat apakah barang-barang di toko tersebut tersedia, sekaligus untuk melihat rating toko dan juga rating barang-barangnya.
· Akun Pembeli
Akun pembeli digunakan untuk melihat data para pembeli seperti alamat pengiriman, data diri, link akun Gopay dan Dana.
· Keranjang
Keranjang berfungsi untuk pengecekan barang yang ingin kita beli. sekaligus dapat mengecek total pembayaran setelah d kalkulasi dengan tambahan ongkos kirim.
· Menu Pesanan
Menu pesanan berfungsi untuk pengecekan barang yang kita pesan. apakah sedang diperjalanan atau sudah sampai.
· Menu Voucher
Menu voucher merupakan salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi Bakul.Kita. Fitur ini berfungsi sebagai diskon dari para penjual ataupun dari aplikasi bakul kita untuk para pembeli
· Notifikasi
Notifikasi adlah fitur yang di gunakan untuk memberitahu customer ataupun penjual bahwa ada informasi yang baru
· Membuat Toko
Fitur ini berfungsi sebagai ketika para pembeli ingin mendaftar sebagai penjual harus melakukan tahapan awal ini
· Biodata Toko
Para calon penjual harus mengisi formulir biodata toko seperti foto ktp,foto toko, dan alamat usaha.
· Tambah Produk
Pada menu ini para penjual bisa menambahkan produk yang ingin di psarkan secara online dengan kategori yang sesuai dengan aplikasi
Poster Bakul.Kita
0 Response to "Bakul.Kita Tujuan, Hasil, Metode dan Prototype"
Post a Comment