Pegertian Analisis SWOT dan PIECES, Serta Faktor Internal dan Eksternal dan contohnya, Tugas 1

Analisa SWOT adalah metode analisis yang sederhana, tetapi memiliki peran yang sangat besar dalam mengembangkan strategi bisnis yang menguntungkan.
SWOT adalah singkatan dari: strength, weakness, opportunity, dan threat. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek utama dari sebuah bisnis yang meliputi keunggulan, kekurangan, kesempatan dan ancaman.
Dengan menggunakan metode analisis SWOT ini, kita dapat merancang strategi bisnis yang tepat untuk membuat bisnis kita lebih unggul dibanding para kompetitor/pesaing.


Manfaat Analisis SWOT untuk Bisnis

Setelah mengetahui makna dari analisis SWOT, selanjut nya kita akan  membahas manfaat dar analisis SWOT untuk bisnis. Secara umum, kegunaan analisis SWOT adalah untuk mengidentifikasi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dalam sebuah bisnis atau usaha.

Berikut kegunaan analisis metode SWOT secara lebih terperinci:

  • Mengoptimalkan keunggulan (strength) sebuah bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal
  • Mengatasi kelemahan (weakness) yang dapat mengurangi keuntungan bisnis
  • Mengidentifikasi peluang (opportunities) yang dapat meningkatkan keuntungan bisnis.
  • Mengantisipasi dan mencegah terjadinya kerugian atau kendala bisnis yang disebabkan
Saat kita menyusun strategi menggunakan analisis SWOT, akan terdapat 2 faktor yang memengaruhinya yaitu faktor internal dan faktor extrnal, berikut akan kami bahas.

1. Faktor External Juga Faktor Internal Dalam Analisis SWOT

Faktor Internal Dalam Analisis SWOT Adalah Sebagai Berikut
Faktor internal pada analisis SWOT terdiri dari strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan).
  1. Untuk mengidentifikasi faktor internal biasanya mencakup:
  2. Pengalaman perusahaan baik yang berhasil atau gagal.
  3. Finansial pada perusahaan
  4. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan
  5. Kekuatan dan kelemahan dari perusahaan.

Faktor Eksternal Dalam Analisis SWOT Adalah Sebagai Berikut

Faktor eksternal dalam analisis SWOT mencakup opportunity (peluang) dan threat (ancaman) Untuk mengidentifikasi faktor eksternal biasanya meliputi:

  1. Lingkungan.
  2. Peraturan pemerintah.
  3. Tren.
  4. Budaya, ideologi, sosial politik, perekonomian.
  5. Peristiwa yang sedang terjadi.
  6. Sumber permodalan.
  7. Perkembangan teknologi

2. Mengapa Perlu Analisis SWOT

Perencanaan merupakan tahapan pertama dalam kegiatan apapun termasuk perencanaan bisnis. Tahap ini menentukan suatu rangkaian atau kerangka kerja yang menyeluruh. Bila perencanaan ini berhasil maka sama artinya dengan merencanakan keberhasilan, dan sebaliknya bila gagal dalam perencanaan maka sama artinya dengan merencanakan kegagalan. Sehingga alat analisis dalam perencanaan ini juga menjadi bagian penentu dalam keberhasilan perencanaan.
Salah satu alat analisis dasar dalam perencanaan adalah dengan menggunakan metode SWOT.  Metode SWOT menganalisis  internal kekuatan (strengths) dan kelemahan (weaknesses) serta analisis ekternal peluang (opportunities) dan ancaman (threats). SWOT merupakan cara sederhana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melakukan strategi. Implementasi SWOT sangat bergantung dengan situasi dan kondisi, baik itu situasi kondisi internal maupun eksternal. Agar mencapai hasil yang maksimal dalam analisis SWOT, Anda harus mampu merangkum berbagai indikasi yang digunakan untuk menghitung analisis SWOT itu sendiri.
Analisis SWOT bekerja dengan cara menganalisis dan memilah hal-hal yang mempengaruhi keempat faktor SWOT, kemudian diterapkan dalam gambar matrik SWOT.  Dalam matrik tersebut dapat dibandingkan bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Tujuan utama dari analisis SWOT adalah untuk mengotimalkan kekuatan anda dan meminimalkan kelemahan diri, serta memanfaatkan peluang yang muncul dan menangatasi ancaman yang datang. Di dalam dunia bisnis, perubahan kondisi dan situasi akan sering anda temui. Perubahan-perubahan ini lah yang harus anda sikapi dengan cara menganalisis SWOT anda agar bisnis yang anda jalankan dapat bertahan.

3. Pengertian Analisis Pieces

Pengertian analisis pieces adalah suatu system yang di gunakan untuk analisis system kerja pada suatu perusahaan atau organisasi. Ada 6 kriteria analisis pieces yaitu kinerja (Performance), informasi (Information), ekonomi (Economic), kontrol (Control), efisiensi (Efficiency), dan pelayanan (Services).

4. Pentingnya Analisis Pieces di Lakukan

Analisis PIECES ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama. Metode ini menggunakan enam variable evaluasi yaitu :

1. Performance
Kinerja merupakan variable pertama dalam metode analisis PIECES. Dimana memiliki peran penting untuk menilai apakah proses atau prosedur yang ada masih mungkin ditingkatkan kinerjanya, dan melihat sejauh mana dan seberapa handalkah suatu sistem informasi dalam berproses untuk menghasilkan tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini kinerja diukur dari:
  1. Throughput, yaitu jumlah pekerjaan/output/deliverables yang dapat dilakukan/ dihasilkan pada saat tertentu. 
  2. Response time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan output/deliverables tertentu.

2. Information 
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki sehingga kualitas informasi yang dihasilkan menjadi semakin baik. Informasi yang disajikan haruslah benar–benar mempunyai nilai yang berguna. Hal ini dapat diukur dengan :
  1. Keluaran (outputs)  : Suatu sistem dalam memproduksi keluaran.
  2. Masukan (inputs) : Dalam memasukkan suatu data sehingga kemudian diolah untuk menjadi informasi yang berguna.
3.  Economic 
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan manfaatnya (nilai gunanya) atau diturunkan biaya penyelenggaraannya.

4. Control 
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan sehingga kualitas pengendalian menjadi semakin baik, dan kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan/ kecurangan menjadi semakin baik pula.

5. Efficiency 
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki, sehingga tercapai peningkatan efisiensi operasi, dan harus lebih unggul dari pada sistem manual.

6. Service 
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki kemampuannya untuk mencapai peningkatan kualitas layanan. Buatlah kualitas layanan yang sangat user friendly untuk end – user (pengguna) sehingga pengguna mendapatkan kualitas layanan yang baik. 

0 Response to "Pegertian Analisis SWOT dan PIECES, Serta Faktor Internal dan Eksternal dan contohnya, Tugas 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel