Sejarah Printer dan Perkembangannya dari Masa ke-masa

Hampir semua orang tau dengan alat ini, namun tidak semua yang tau bagaimana perkembangan printer dari pertama diciptakan hingga seperti sekarang dengan banyak jenis dan macam-macam kegunaanya yang menyesuaikan kebutuhan user. Dan disini kita akan bahas apa itu printer, bagaimana printer pertama diciptakan dan bagaimana sejarah singkat perkembanganya.

PENGERTIAN PRINTER
Secara bahasa printer adalah perangkat keras (hardware) atau alat cetak yang terhubung pada media komputer yang berfungsi sebagai alat output untuk menampilkan data berupa cetakan. Namun seiring dengan perkembangan tekhnologi sekarang banyak printer yang tidak harus terhubung dengan komputer dalam penggunaanya. Karena sudah banyak jenis printer yang sudah bisa mencetak data melalui smartphone tanpa menggunakan kabel cukup menggunakan koneksi wi-fi. Ada juga sebagian printer yang sudah menyediakan port usb yang bisa langsung digunakan untuk mencetak data dari flashdisk.

SEJARAH SINGKAT PRINTER
Sejarah penemuan printer diawali dari Terobosan besar yang datang sekitar tahun 1440 oleh Johannes Gutenberg. Gutenberg adalah seorang pengusaha dari Mainz Jerman.



Gutenberg menciptakan sebuah metode pengecoran potongan-potongan huruf di atas campuran logam yang terbuat dari timah. Potongan-potongan ini dapat ditekankan ke atas halaman berteks untuk percetakan. Metode penemuan pencetakan oleh Gutenberg secara keseluruhan bergantung kepada beberapa elemennya di atas penggabungan beberapa teknologi dari Asia Timur seperti kertas, pencetakan dari balok kayu dan mungkin pencetakan yang dapat dipindahkan, ciptaan Bi Shen, ditambah dengan permintaan yang meningkat dari masyarakat Eropa untuk pengurangan harga buku-buku yang terbuat dari kertas. Metode pengetikan ini bertahan selama sekitar 500 tahun.
 
Berikut ilustrasi mesin cetak pertama yang ditemukan oleh Johannes Gutenberg:

Seiring dengan waktu tekhnologi printer terus dikembangkan menyesuaikan kebutuhan pengguna pada masa nya. Pasca perang dunia II Pada awal tahun 1950-an, di Eropa terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat yang membuat kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Pada masa ini lah inovasi inovasi terbaru dalam dunia percetakan mulai dikembangkan. Dimulai dari IBM yang memperkenalkan printer dot matrix pertama. lalu di tahun 1984 printer ink jet untuk pertama kali dikenalkan dan diproduksi dalam skala besar pada tahun 1990 an.


Berikut akan kita bahas substansi sejarah perkembangan printer:
  •   Sejarah perkembangan mesin printer Dot Matrix

Pada tahun 1957, IBM mengeluarkan printer dengan nama Dot Matrix. Printer Dot Matrix merupakan sebuah printer yang menggunakan pita sebagai alat percetakannya. Cara kerjanya mirip dengan mesin ketik, di mana ada pita yang dipukul-pukul. Namun pada printer dot matrix, pita ini dipukul-pukul oleh dot matrix. Dot matrix itu sendiri adalah sebuah array dua dimensi dari kumpulan dot-dot yang dapat membentuk huruf, simbol, dan gambar.
printer ini adalah printer yang sangat mudah diketahui dan terkenal dengan suaranya yang cukup keras. Cetakan yang dihasilkan oleh printer ini adalah titik-titik yang berhubungan satu sama lain. Printer Dot Matrix hanya memiliki satu cartridge saja dengan warna hitam dan warna lainnya.


Printer Dot Matrix yang dibuat pada tahun 1957 bisa digunakan untuk mencetak double kertas menggunakan karbon. Mesin printer ini bisa digunakan untuk mencetak kertas tanpa terputus dan juga tinta yang digunakan adalah waterproof. Pada tahun 1970, sebagian besar industri printer dot matrix dimiliki oleh perusahaan Digital dan Centronics, dan Centronics lebih memilih pasar low-end dibandingkan dengan Digital. LA30, LA36, dan Centronics 101 adalah printer dot matrix pada masa awal perkembangan printer dot matrix.
pada tahun 1970-1990 printer dot matrix merupakan printer yang paling dapat diandalkan dari segi hasil dan harganya.  Pada tahun 1990 mulai muncul printer dot matrix yang mendukung koneksi ke komputer menggunakan port USB.
Walaupun saat ini tekhnologi printer semakin canggih namun printer jenis dot matrix ini masih eksis dipasaran dan masih terus diproduksi. Printer jenis ini masih banyak digunakan oleh instansi dan perkantoran seperti bank, kantor notaris dan semua bidang yang masih menggunakan cetakan kertas Continues Form, kwitansi dan sejenisnya


  • Sejarah perkembangan mesin printer inkjet

Printer ink jet adalah printer yang mencetak dengan cara menyemprotkan tetesan-tetesan kecil tinta ke kertas. Printer dengan sistem ink jet pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984. Dan pada tahun 1990 printer mulai diproduksi secara besar-besaran yang dimotori oleh pabrikan elektronik seperti Epson, Hewlett-Packard, dan Canon.
Saat ini metode cartridge diperlukan untuk mencetak baik hitam putih ataupun gambar dan photo warna. Perkembangan ink cartridge patut dibanggakan, karena kemampuannya menghasilkan cetakan di atas kertas yang berbeda jenis dan ukuran.  Hingga kini penggunaan printer dengan sistem ini termasuk yang paling banyak dikalangan masayarakat. Selain faktor penggunaan yang lebih mudah sistem tinta yang lebih ekonomis juga menjadi pilihan tersendiri bagi user. Printer jenis ink jet juga terus mengalami perkembangan. Ada yang sudah dilengkapi dengan sistem infus sehingga memudahkan user dalam mengontrol tinta dan melakukan pengisian. Dan sebagian dari jenis printer ini juga ada yang sudah dilengkapi dengan fitur scan dan copy.

  • Sejarah perkembangan mesin printer laserjet

Printer laserjet atau sering disebut dengan printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan laser / photoreceptor pada proses pencetakannya. Printer jenis ini memiliki kemiripan dengan mesin fotocopy. Cara kerjanya dengan Menyinarkan laser pada sejenis drum untuk membuat pola gambar yang akan dicetak. Lalu drum itu berputar melalui toner ( sejenis tinta untuk laserjet tetapi berupa bubuk dan tidak cair ) dan bagian pada drum yang berlistrik mengambil toner. Lalu dengan kombinasi antara tekanan dan panas. tinta di drum itu dipindahkan ke atas kertas.
 





Pada tahun 1953, printer dengan kecepatan tinggi pertama kali di kembangkan oleh Remington-Rand yang digunakan di UNIVAC computer. Pada tahun 1938, Chester Carlson memperkenalkan proses cetak basah yang disebut electrophotography yang kemudian hari dinamakan Xerox, yang kemudian berkembang menjadi penemuan teknologi printer laser. Printer laser yang sesungguhnya dinamakan EARS yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center, di mulai tahun 1969 dan selesai pada bulan November tahun 1971. tenaga ahli Xerox, Gary Starkweather mengadopsi teknologi copy Xerox menjadi printer laser.

Xerox 9700 adalah produk printer laser pertama Xerox dengan teknologi xerographic laser yang di realase tahun 1977. IBM sendiri memulai teknologi ini dengan IBM 3800 yang dipasang pertama pada kantor pusat akunting di F.W.Woolworth’s North American data Center di Milwaukee, Winconsin tahun 1976. IBM 3800 adalah industri pertama system printer kecepatan tinggi. Mengkombinasikan teknologi laser dan electrophotography. Tahun 1992, Hewlett-Packard memperkenalkan LaseJet 4 yang terkenal, menggunakan resolusi 600 x 600 dot per inch(dpi).
Karena keunggulanya yang dapat melakukan proses print dengan cepat dan hasil yang tajam serta hemat biaya tinta printer ini banyak digunakan pada usaha fotocopy, percetakan dan perkantoran. Seiring dengan kemajuan printer jenis ini juga ada yang telah dilengkapi dengan fitur scan dan copy sama hal nya seperti jenis inkjet.

Masih ada banyak jenis printer yang terus dikembangkan seiring kebutuhan dan kemajuan tekhnologi hingga saat ini produk printer yang dipasarkan menyesuaikan kebutuhan user. Mulai dari dikembangkan sistem printer yang menggunakan infus, dilengkapi dengan fitur scan copy, menggunakan koneksi wifi sebagai media penghubung dengan pc atau smartphone hingga printer jenis portable yang bisa dibawa kemana-mana.

0 Response to "Sejarah Printer dan Perkembangannya dari Masa ke-masa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel