Perbedaan Energi Kinetik dan Energi Potensial

Perbedaan Energi Kinetik dan Energi Potensial

Energi mengimplikasikan sebagai kemampuan objek untuk melakukan pekerjaan. Itu adalah sesuatu yang tidak dapat diciptakan atau dihancurkan tetapi hanya bisa diubah. Suatu benda kehilangan energinya, ketika ia bekerja, sedangkan ia mendapatkan energi ketika pekerjaan dilakukan di atasnya. Energi secara luas diklasifikasikan sebagai energi kinetik dan energi potensial. Sedangkan energi kinetik adalah energi yang mengandung benda karena suatu gerakan tertentu.

Perbedaan Antara Energi Kinetik dan Energi Potensial


potensi-vs-kinetik-energiEnergy menyiratkan sebagai kemampuan objek untuk melakukan pekerjaan. Itu adalah sesuatu yang tidak dapat diciptakan atau dihancurkan tetapi hanya bisa diubah. Suatu benda kehilangan energinya, ketika ia bekerja, sedangkan ia mendapatkan energi ketika pekerjaan dilakukan di atasnya. Energi secara luas diklasifikasikan sebagai energi kinetik dan energi potensial. Sedangkan energi kinetik adalah energi yang mengandung benda karena suatu gerakan tertentu.



Di sisi lain, energi potensial adalah energi yang tersimpan, karena keadaan istirahatnya. Karena kedua bentuk energi diukur dalam satuan joule, orang dengan mudah bingung antara keduanya. Jadi, baca artikel yang akan membantu Anda memahami perbedaan antara energi kinetik dan energi potensial.

Grafik perbandingan
DASAR UNTUK PERBANDINGAN
ENERGI KINETIK
ENERGI POTENSIAL
berarti
Energi kinetik mengacu pada energi yang ada dalam objek, karena sifatnya bergerak.
Energi, yang terkandung dalam suatu objek berdasarkan posisinya, disebut energi potensial.
Transferability
Dapat ditransfer antar objek.

Tidak dapat ditransfer antar objek.
Diukur dari
Tempatkan sendiri
Bawah
Lingkungan relatif
Relatif terhadap lingkungan objek.
Tidak berhubungan dengan lingkungan objek.
Persamaan
0,5 mv ^ 2, di mana m = massa dan v = kecepatan
mgh, di mana m = massa, g = gravitasi dan h = tinggi

Definisi Energi Kinetik
Secara sederhana, energi gerak adalah energi kinetik. Pekerjaan yang diperlukan untuk mempercepat objek dari massa tertentu, dari keadaan istirahat hingga gerak. Untuk mempercepat suatu objek, kita menerapkan kekuatan, di mana energi ditransfer dari satu objek ke objek lainnya, menyebabkan objek bergerak pada kecepatan baru dan konstan. Energi yang ditransfer disebut energi kinetik, ditentukan oleh kecepatan dan massa objek, yaitu semakin besar massa dan kecepatan, semakin banyak energi kinetik yang dikandungnya.

Energi kinetik suatu benda, dalam gerakan, dengan kecepatan tertentu, sama dengan pekerjaan yang dilakukan di atasnya. Semua benda yang bergerak atau beraksi, terlepas dari gerakan horizontal atau vertikal, memiliki energi kinetik. Ini adalah energi yang diperoleh objek, karena keadaan geraknya. Misalnya, Jatuhnya kelapa, aliran sungai, pergerakan mobil atau bus, dll. Berbagai bentuk energi kinetik adalah:

  • Energi vibrasi
  • Energi Rotasi
  • Energi translasi
Definisi Energi Potensial
Istilah energi potensial menyiratkan energi yang disimpan dalam suatu objek, saat istirahat, sebagai akibat posisinya relatif terhadap posisi nol. Energi disimpan di dalam tubuh fisik, karena mengatasi kekuatan alam. Ia hadir di setiap objek yang memiliki posisi, dan massa di dalam medan gaya. Misalnya, Notebook di atas meja, bola di atas bukit, karet gelang membentang, dll.

Ketika keadaan objek berubah dari istirahat ke gerak, energi potensial diubah menjadi energi kinetik. Ini memaksa objek untuk kembali pada posisi awal, yaitu keadaan istirahat karena bekerja melawan perpindahan apa pun, inilah mengapa ini dikenal sebagai memulihkan energi. Dengan peningkatan kecepatan objek yang bergerak, energi potensial menurun, dan sebaliknya. Berbagai jenis energi potensial adalah:

  • Energi Gravitasi
  • Energi Elastis
  • Energi listrik
  • Energi kimia
  • Energi nuklir
Kesimpulan
Untuk meringkasnya, kita dapat mengatakan bahwa energi potensial adalah salah satu yang berkaitan dengan posisi sementara energi kinetik berfokus pada gerakan. Yang pertama, siap untuk dirilis, sementara yang terakhir, sudah bergerak. Energi kinetik bergantung pada dua faktor yaitu kecepatan dan massa objek, tetapi energi potensial didasarkan pada posisi dan kondisi objek.

0 Response to "Perbedaan Energi Kinetik dan Energi Potensial "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel