Pengertian, Sejarah, Fungsi Windows Defender

Windows Defender sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Spyware, adalah perangkat lunak dari Microsoft untuk melindungi sistem operasi Microsoft Windows dari perangkat pengintai (Spyware). Perangkat lunak ini adalah bagian dari Windows Vista, Windows 7, 8, 10, serta dapat diunduh secara gratis untuk Windows XP dan Windows Server 2003.

Sejarah Windows Defender
Windows Defender didasarkan pada perangkat GIANT Antispyware yang mulanya dibuat oleh GIANT Company Software Inc. Kemudian di akuisisi oleh Microsoft pada tanggal 16 Desember 2004.


Versi Beta pertama dari Microsoft Antispyware dirilis tanggal 6 Januari 2005 dan pada dasarnya merupakan GIANT Antispyware yang dikemas ulang. Windows Defender (Beta 2) dirilis pada tanggal 13 Februari 2006. Fiturnya adalah nama baru program dan desain antarmuka yang sangat berbeda. Versi ini menggunakan bahasa pemograman C++, berbeda dengan versi pertama yang menggunakan Visual Basic. Perubahan bahasa pemogramaan ini memperbaiki kinerja aplikasi dan memberikan kemampuan pada aplikasi untuk melindungi komputer.

Fitur Canggih Windows Defender

Real Time Protection
Dengan mode ini, Windows Defender akan selalu aktif dan berjalan dibackground. Saya sarankan untuk menggunakan mode ini karena dengan menggunakan mode ini otomatis akan memberikan pemberitahuan jika terdeteksi program-program yang mencurigakan.


Waktu yang dibutuhkan untuk mendeteksi virus bisa dibilang cukup cepat, bahkan tidak memberikan efek lelet sedikitpun terhadap kecepatan laptop atau komputer.

Integrasi Peramban
Windows Defender terintegrasi dengan Internet Explorer dan Microsoft Edge, sehingga semua berkas yang diunduh secara otomatis akan dipindai oleh Windows Defender. Dalam Windows Vista, Defender memblokir semua perangkat lunak "start up" yang membutuhkan izin administrator. Hal ini akan mempersulit Spyware untuk merusak sistem.

Lalu, Layak kah Windows Defender menjadi pilihan utama dalam hal keamanan di Laptop atau komputer kita? sebelum menjawab pertanyaan tersebut mari kita lihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari Windows Defender ini:

Kelebihan
Membersihkan secara maksimal, Windows Defender akan membasmi semua virus dan program-program berbahaya lainnya secara maksimal dan menyeluruh, Tapi anda tidak perlu khawatir karena Windows Defender tidak akan menghapus file melainkan virus yang ada pada file tersebutlah yang akan dihapus.

Memberi Peringatan Dini, Defender juga akan memberikan pemberitahuan secara cepat ketika kita membuka file yang terdapat virus atau malware yang berbahaya bagi komputer kita.

Melakukan Restart Komputer
, Ketika komputer dalam keadaaan parah saat terinfeksi virus, Windows Defender akan menghapus virus tersebut. Namun, jika virus tersebut dirasa sangat berbahaya dan akan muncul kembali setelah di hapus maka saat itulah Windows Defender akan meminta untuk me-restart komputer agar virus dapat terhapus dengan sempurna.

Kekurangan
Kurang Teliti, Quick Scan adalah tipe scan secara cepat, sedangkan Full adalah tipe scanning secara penuh dan menyeluruh. Namun, dari 2 tipe scan tersebet Windows Defender masih kurang teliti dalam membasmi virus-virus kecil yang ada dalam komputer.

Tidak berjalan saat ada antivirus pihak ke-3, Windows Defender seringkali tidak bisa digunakan jika dalam satu komputer telah terinstall antivirus seperti AVG atau yang lainnya. Untuk menghidupkan dan menjalankan Windows Defender hal yang harus dilakukan adalah menghapus atau Uninstall antivirus lain yang tidak terintegrasi dengan Windows Defender.

0 Response to "Pengertian, Sejarah, Fungsi Windows Defender "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel