Pengertian XAMPP, fungsi,komponen serta kelebihan dan kekurangan

Apa itu XAMPP fungsi dan cara kerjanya...? Bagi sebagian banyak orang istilah XAMPP ini jarang dikenal luas, tetapi bagi orang yang menekuni dunia web programming atau anak sekolah jurusan IT ataupun anak smk yang jurusan nya tentang IT seperti TKJ maka istilah ini menjadi sebuah hal yang biasa terdengar. Bagi pemula yang pertama kali belajar web programming, aplikasi XAMPP ini menjadi aplikasi pertama yang digunakan sebagai pembelajaran.

Pengertian XAMPP:

XAMPP adalah perangkat lunak bebas (open source), yang mendukung banyak sistem operasi seperti  Windows, Mac OS, Linux dan Solaris, dan merupakan gabungan  dari beberapa program yaitu X,APACHE,MYSQL,PHP,dan PERL. XAMPP SENDIRI dibuat oleh Tim Proyek Apache Friends yang berkolaborasi di dalamnya ada Tim Inti (Core Team), Tim Pengembang (Development Team) dan Tim Pendukung (Support Team).

Dibawah ini adalah penjelasan dari singkatan XAMPP:
  • X = Yang dimaksudkan adalah aplikasi ini di jalan kan empat os sekaligus seperti windows, linux, Mac OS dan juga Solaris, dan isitilah ini juga biasa disebut cross platform (software multi OS).
  • A = Apache adalah aplikasi web server berupa halaman web yang berasal dari kode PHP yang dituliskan oleh developer.
  • M = MySQL adalah aplikasi database server yang dikenal sebagai SQL singkatan dari Structured Query Language yang digunakan untuk mengolah database baik itu menambahkan, mengubah, serta menghapus data di dalam database.
  • P = PHP adalah bahasa pemrograman web yang digunakan untuk membuat halaman web dinamis dan bersifat server-side-scripting. Sistem manajemen database yang digunakan PHP biasanya MySQL, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk PHP menggunakan database Oracle, Microsoft Access, Interbase, D-Base dan PostgreSQL.
  • P = Perl adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk segala keperluan yang dikembangkan oleh Larry Wall pada mesin Unix. Perl ini tersedia pada berbagai macam sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDI dan PocketPC.

FUNGSI XAMPP:

Fungsi dari XAMPP adalah sebagai sebuah server lokal yang berdiri sendiri dan disebut juga dengan Localhost, yang terdiri dari program Apache HTTP Server, MySQL database, PHP dan Perl. Program XAMPP ini disediakan secara gratis dana kamu bisa mendownloadnya di web resminya langsung.
Download for Windows : Disini Linux : Disini OS X : Disini

Dalam penggunananya XAMPP ini berfungsi sebagai sebuah "demo/contoh" dari tampilan halaman website yang sedang dibuat dan  pada akhirnya halaman web tersebut nantinya diluncurkan secara publik online. Ujicoba ini biasa dilakukan oleh developer pada localhost sebelum akhirnya nanti berada di server online.

BAGIAN PENTING DARI XAMPP:

Mengenal bagian XAMPP yang biasa digunakan pada umumnya:
  • htdoc adalah folder tempat meletakkan berkas-berkas yang akan dijalankan, seperti berkas PHP, HTML dan skrip lain.
  • phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada dikomputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpMyAdmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin.
  • Kontrol Panel yang berfungsi untuk mengelola layanan (service) XAMPP. Seperti menghentikan (stop) layanan, ataupun memulai (start).

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI XAMPP:

Kelebihan :
  • Database Storage Engine ini banyak digunakan oleh programmer apalagi oleh web developer karena sifatnya yang free. Untuk yang expert sudah ada yang bayar. 
  • Kemampuannya sudah bisa diandalkan, mempunyai kapasitas yang cukup mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai 5.000.000.000 bahkan untuk yang terbaru sudah lebih.
  • Keamanan datanya cukup aman walaupun tidak sehebat Postgre apalagi Oracle.
  • Engine ini multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. My Sql cocok diaplikasikan diaplikasi kelas kecil dan menengah.
  • Kelebihan paling utama engine ini adalah kecepatannya.
Kekurangan :
  • Tidak cocok untuk menangani data dengan jumlah yang besar, baik untuk menyimpan data maupun untuk memproses data.
  • Memiliki keterbatasan kemampuan kinerja pada server ketika data yang disimpan telah melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server karena tidak menerapkan konsep Technology Cluste

0 Response to "Pengertian XAMPP, fungsi,komponen serta kelebihan dan kekurangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel