Pengertian VPN fungsi dan manfaatnya

VPN atau Virtual Private Network adalah solusi koneksi private melalui jaringan public. Dengan VPN maka kita dapat membuat jaringan lokal di dalam jaringan atau bisa disebut tunnel / terowongan.

VPN merupakan koneksi virtual yang bersifat private. Disebut private karena pada dasarnya jaringan ini merupakan  jaringan yang sifatnya private yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN menghubungkan PC dengan jaringan public atau internet namun sifatnya private, karena bersifat private maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Sehingga jaringan VPN dapat dikatakan lebih aman apabila dibandingkan dengan jaringan publik biasa.
Manfaat VPN :

  1. Menghubungkan kantor-kantor cabang melalui jaringan public. Dengan VPN maka perusahaan tidak perlu membangun jaringan sendiri. Cukup terhubung dengan jaringan public contohnya internet. Saat ini hampir semua kantor perusahaan pasti memiliki akses internet. Dengan demikian bisa dihemat anggaran koneksi untuk ke cabang-cabang.  
  2. Mobile working, dengan VPN maka karyawan dapat terhubung langsung dengan jaringan kantor secara private. Maka karyawan dapat melakukan pekerjaan yang bisa dilakukan dari depan komputer tanpa harus berada di kantor. Hal ini menjadi solusi virtual office di jaman mobilitas tinggi seperti sekarang ini.  
  3. Securing your network. Saat ini beberapa vendor seperti Telkom memberikan solusi VPN juga untuk perusahaan-perusahaan. Namun solusi ini masih kurang aman, karena untuk terhubung tidak memerlukan authentikasi. Sehingga bila ada pengguna mengetahui settingan VPN perusahaan tersebut maka dia dapat terhubung ke jaringan perusahaan tapi harus login. Contohnya pada telkomsel VPN hanya dengan mengganti nama APN pada settingan network maka dia dapat langsung terhubung dengan jarigan dengan nama APN tersebut. Dengan memasang VPN lagi di jaringan VPN semi public tersebut maka jaringan akan lebih aman karena sebelum masuk ke jaringan kantor maka user harus membuat tunnel dulu dan login ke VPN server baru bisa terhubung dengan jaringan kantor
  4. Mengamankan jaringan wireless. Jaringan wireless merupakan jaringan public yang bisa diakses oleh siapa saja yang berada dijangkauan wireless tersebut. Walaupun wireless juga memiliki pengaman seperti WEP, WPA, WPA2 namun jarigan wireless masih saja bisa ditembus. Dengan menggunakan VPN maka user yang terhubung ke wireless harus membuat tunnel dulu dengan login ke VPN server baru bisa menggunakan resource jaringan seperti akses internet dan sebagainya

0 Response to "Pengertian VPN fungsi dan manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel