Apa itu DNS SERVER

PENGERTIAN DNS SERVER

DNS merupakan sebuah layanan yang merubah permintaan dari alamat IP menjadi nama domain atau dari nama domain menjadi nama IP. DNS muncul karena tidak semua orang bisa menghafal deret angka seperti 192.168.100.22. Karena itulah DNS digunakan sehingga alamat 192.168.100.22 bisa berubah menjadi sebuah nama droidtechno.com yang lebih mudah diingat. DNS server bekerja satu sama lain, karena itu DNS server mempunyai empat macam fungsi yaitu sebagai master untuk menyimpan data mapping( terjemah dari IP ke nama domain dan sebaliknya),lalu slave,  sebagai cadangan dari tipe Master, lalu forward, sebagai penerus permintaan, lalu caching untuk melakukan penyimpanan sementara terhadap permintaan yang sudah pernah di lakukan.
Dns bekerja diatas port 53, dan melayani permintaan dari pengguna yang juga bekerja dengan protocol DNS. Pada sistem operasi Linux Debian, cara untuk mengatur DNS bisa dilakukan dengan menggunakan BiND. BIND merupakan penyedia DNS yang tergabung dengan paket Linux Debian (apabila saat installasi di ceklis DNS server), atau bisa diunduh dengan menggunakan manager paket dari Debian. Yaitu dengan menggunakanapt-get install bind9. Bind menyimpan konfigurasi utama di direktori /etc/bind. Ada beberapa file yang berhubungan dengan DNS di sana. File /etc/bind/db.root menyimpan informasi tentang DNS di seluruh dunia yang harus diatur dan diabet secara berkala. File /etc/bind/named.conf merupakan konfigurasi DNS utama di mana kita bisa menambahkan deskripsi mapping dan informasi lainnya. Subdomain ini digunakan untuk membuat soc (separation of concers) atau pemecah konsentrasi sehingga sebuah sistem teratur dan rapi.

Cara Kerja DNS Server

DNS server menyimpan kamus dari IP menjadi nama atau sebaliknya. Pengguna melakukan permintaan terhadap DNS server dengan mengirimkan nama alamat yang dituju. DNS Server lalu mengembalikan kepada pengguna tersebut alamat IP yang dituju. DNS server bekeria sama dengan server lainya, sehingga tidak terlalu membebani satu server. Oleh karena itu berbagai Server DNS memiliki berbagai peran yang berbeda. Ada sebagian server yang hanya melakukan forwarding, yaitu meneruskan permintaan ke server lainya. Atau sebagian yang berfungsi sebagai master yang menyimpan data mapping IP ke nama domain dan sebaliknya.

0 Response to "Apa itu DNS SERVER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel