Pengertian,fungsi,dan cara kerja server Autentifikasi

Server adalah sebuah komputer yang memiliki spesifikasi yang besar dan berfungsi untuk memberikan layanan kepada komputer client. Dan sedangkan Autentifikasi adalah suatu proses validasi atau proses pengenalan. Authentification adalah proses validasi user pada saat memasuki sistem, validasi sistem yang digunakan ini biasanya berupa validasi berupa nama dan password dari user kemudian dicek melalui proses server Autentifikasi yang mengecek langsung ke daftar Server dan kemudian akan diberikan hak akses untuk memasuki sistem tersebut jika user name dan password yang dimasukan benar.

Fungsi Server Autentifikasi/Autentikasi :


Fungsi dari server autentifikasi adalah untuk mengenali user yang berintegrasi ke jaringan dan memuat semua informasi dari user tersebut, dalam praktek biasanya authentification server mempunyai backup yang berfungsi untuk menjaga jika server itu ada masalah sehingga jaringan dan pelayanan tidak terganggu.

Metode-metode Autentifikasi/Autentikasi :


Metode autentikasi ini mempunyai 4 kategori metode, yaitu :
a. Something you know (apa yang kamu ketahui)
Ini adalah metode autentikasi yang paling umum. Cara ini mengandalkan kerahasiaan informasi, contohnya adalah password dan PIN. Cara ini berasumsi bahwa tidak ada seorangpun yang mengetahui password atau pin itu kecuali kamu sendiri.
b. Something you have (apa yang kamu punya)
Cara ini biasanya merupakan faktor tambahan untuk membuat autentikasi menjadi lebih aman. Cara ini mengandalkan barang yang sifatnya unik, contohnya adalah kartu magnetic/smartcard, hardware token, USB token dan sebagainya. Cara ini berasumsi bahwa tidak ada seorangpun yang memiliki barang tersebut kecuali kamu sendiri.
c. Something you are (apa yang kamu miliki)
Ini adalah metode yang paling jarang dipakai karena faktor teknologi dan manusia juga. Cara ini menghandalkan keunikan bagian-bagian tubuh anda yang tidak mungkin ada pada orang lain seperti sidik jari, suara atau sidik retina. Cara ini berasumsi bahwa bagian tubuh anda seperti sidik jari dan sidik retina, tidak mungkin sama dengan orang lain.
d. Something you do (apa yang kamu lakukan)
Melibatkan bahwa setiap user dalam melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda. Contoh : Penggunaan analisis suara (voice recognation), dan analisis tulisan tangan.

Beberapa kombinasi faktor-faktor autentifikasi yang biasa digunakan adalah:

1. Token yang dapat membangkitkan angka acak yang digunakan sebagai PIN atau password
2. Smartcard yang digunakan bersama dengan smartcard-reader dan PIN atau password
3. Kode acak yang berubah-ubah setiap pengguna mengakses sistem yang dikirimkan lewat SMS dan digunakan bersama dengan PIN atau password
4. Biometrik seperti sidik jari atau tekstur wajah yang digunakan bersamaan dengan PIN atau password
5. Sertifikat software yang disimpan di dalam komputer pengguna atau perangkat media penyimpanan yang dapat diakses dengan menggunakan PIN atau password.
  

Cara Kerja Server Autentifikasi

Server autentifikasi akan mengecek setiap client yang mencoba untuk mengakses ke jaringan dengan daftar client yg sudah terdaftar pada jaringan. Jika client tersebut tidak terdaftar maka akses akan ditolak, dan jika sudah terdaftar maka client diizinkan untuk mengakses kedalam jaringan.

0 Response to "Pengertian,fungsi,dan cara kerja server Autentifikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel