Pengertian Router, fungsi router, jenis-jenis router, perbedaan router dengan bridge dan cara kerja router


Assalamualikum sobat kali ini Droid.Techno akan membahas apa itu router, fungsi router, jenis-jenis router, perbedaan router dengan bridge dan cara kerja router. Untuk pembahasannya kalian bisa membaca nya di bawah ini.

Pengertian Router

Router adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang sama ataupun berbeda. Dan Router adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju ke tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai ROUTING. Proses routing ini terjadi pada lapisan ke 3 OSI (Network layer).

Fungsi router 

Router berfungsi sebagai penghubung 2 jaringan atau lebih untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Karena Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network yang sering disebut (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch, switch merupakan suatu jalan, sedangkan router merupakan penghubung antar jalan.
Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. 

Baca Juga : 

Jenis-Jenis Router

Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yaitu:

  1. static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang di setting secara manual oleh para administrator jaringan.
  2. dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.

Perbedaan Router dengan Bridge

Cara kerja router dengan bridge  itu  mirip, yaitu keduanya dapat meneruskan paket data jaringan dan dapat juga membagi jaringan menjadi beberapa segmen atau menyatukan segmen-segmen jaringan. Akan tetapi, router berjalan pada lapisan ketiga pada model OSI (layer network), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, seperti halnya alamat IP. Sedangkan Bridge, berjalan pada lapisan kedua pada model OSI (layer data-link), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni MAC address.

Cara Kerja Router


Cara kerja router. Router bekera dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskannya kepada jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampa terkirim ke tujuan. Berikut ilustrasi cara kerja router.


Cara kerja router


Cara kerja router dapat dilihat pada gambar diatas. Pada gambar diatas terdapat dua buah network yang terhubung pada sebuah router. Network yang berada pada sebelah kiri yang terhubung ke port 1 router mempunyai alamat 192.168.10.1 serta pada network yang sebelah kanan yang terhubung ke port 2 router mempunyai alamat 192.168.20.1

  • Komputer A mengirim sebuah data kepada komputer C, router tidak akan meneruskan data tersebut kepada jaringan yang lainnya.
  • Begitu juga apabila ketika komputer F mengirim sebuah data kepada komputer E, router tidak akan meneruskan paket data tersebut kepada network yang lainnya.
  • Barulah ketika komputer F mengirimkan sebuah data kepada komputer B, router akan meneruskan paket data tersebut ke komputer B.



Itulah penjelasan mengenai apa itu router, fungsi router, jenis-jenis router, perbedaan router dengan bridge dan cara kerja router.
sumber:WIKIPEDIA,GOOGLE

0 Response to "Pengertian Router, fungsi router, jenis-jenis router, perbedaan router dengan bridge dan cara kerja router"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel