cara mengatasi laptop atau komputer blank hitam tapi hidup (black screen) dengan mudah

Assalamualikum sobat, kali ini Droid.Techno akan membahas artikel tentang cara mengatasi komputer atau laptop yang hidup tapi tidak tampil windows (Black Screen). Berbagai kemungkinana yang dapat terjadi ketika laptop atau komputer kamu hanya menampilkan layar hitam saja ,yaitu RAM yang kotor atau rusak, Sistem operasi yang corupt, dan yang paling parah Monitor atau Lcd laptop kamu yang rusak. Nah untuk caramengatsi nya kamu bisa simak caranya dibawah ini.

1. Mengecek dan Membersihkan RAM 

Untuk langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan cara mengecek dan membersihkan RAM laptop atau komputer kamu. Caranya yaitu dengan mencopot ram yang ada di laptop atau di komputer kamu, lalu kemudian kamu bersihkan kaki-kaki ram (yang berwana kuning) dengan penghapus pensil, Hal ini bertujuan untuk membersihkan ram dari debu yang melekat pada kaki ram sehingga ram tidak dapat bekerja dengan sempurna. Cara ini selalu berhasil saya lakukan, jika tidak berhasil kita lanjut ke cara selanjutnya.


2. Mengecek LCD atau Monitor

Jika cara diatas tidak berhasil maka cara selanjutnya yaitu dengan mengecek LCD atau Monitor kamu. Jika laptop, untuk cara mengeceknya kamu bisa menggunakan senter dan menyorotkan nya ke lcd, jika terlihat windows maka yang bermasalah lampu lcd kamu. dan jika tidak terlihat cara selanjutnya yaitu dengan menghubungkan laptop kamu dengan monitor atau jika tidak ada monitor kamu bisa mengubungkannya ke Tv led dengan cara mencolokan kabel HDMI atau VGA yang ada di laptop dan monitor, jika tampil maka yang rusak adalah lcd kamu dan untuk cara mengatasinya adlah dengan mengganti lcd.
Untuk Komputer caranya yaitu dengan cara mengganti dengan monitor yang lain dan jika masih tidak tampil maka cek port dan kabel VGA atau HDMI yang ada di komputer dan monitor kamu.

3. Driver VGA yang tidak cocok

Untuk cara mengatasi nya yaitu dengan masuk ke safe mode dengan cara
1. Nyalakan laptop atau komputer kamu
2. Sebelum masuk tampilan logo Windows, tekan tombol F8 terus menerus, hingga masuk menu            Boot Option Windows
3. Lalu pilih Safe Mode
4. Setelah berhasil masuk safe mode selanjutnya masuk ke menu device manager Tekan 
5. Tombol Windows + R secara bersamaan lalu ketikkan devmgmt.msc dan tekan enter.
6. Lalu cari display adapter dan klik kanan dan uninstall seperti gambar dibawah.
    jika sudah restart komputer atau laptop kamu



0 Response to "cara mengatasi laptop atau komputer blank hitam tapi hidup (black screen) dengan mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel