Cara Merubah Partisi GPT menjadi MBR tanpa kehilangan data

ASSALAMUALIKUM SOBAT DROID TECHNO, kali ini Droid.Techno akan memberikan tutorial Cara Merubah Partisi GPT menjadi MBR tanpa kehilangan data sama sekali, jadi kalian jangan takut lagi kehilangan data ketika ingin menginstall laptop ataupun komputer kalian dari windows 7 (partisi windows 7 itu MBR) ke windows 10 (partisi windows 10 yang baru itu GPT jadi sebelum install windows 10 harus diganti terlabih dahulu partisinya ke GPT baru bisa). Oke sebelum ke cara nya kalian harus tahu perbedaan apa itu Partisi GPT dan Partisi MBR simak perbedaanya dibawah ini.

Perbedaan GPT dan MBR :


  1. MBR hanya men-support 4 partisi primary, GPT jauh lebih banyak yaitu bisa sampai 128 partisi primary.
  2. Kapasitas penyimpanan MBR sangat terbatas, yaitu 2 TB saja. Sedangkan GPT bisa sampai 9,4 ZB.
  3. Pada partisi MBR, jika kita ingin menggunakan lebih dari 4 partisi, kita harus mengorbankan satu partisi primari untuk dijadikan extended, baru kemudian bisa membuat banyak partisi logical. Untuk di GPT, kita tidak perlu melakukan hal seperti itu.
  4. Pada MBR hanya sektor pertama saja yang menyimpan informasi mengenai partisi dan sistem operasi.Tetapi di GPT, informasi tersebut dibackup lebih dari satu kali, sehingga meminimalisir akibat jika sektor pertama rusak.
  5. MBR dapat digunakan oleh semua OS. Hanya sistem operasi windows XP 64bit dan windows yang kompatibel saja yang dapat menjalankan GPT.
  6. Untuk dukungan booting 32-bit di GPT, hanya dimiliki oleh windows 8. Sedangkan sistem operasi lain seperti Windows 7, Vista, tidak memiliki dukungan booting 32-bit dari GPT.
Nah setelah kalian selesai membaca dan mengerti perbedaan kedua partisi diatas maka selanjutnya kecara merubah partisinya dibawah ini.

Cara Merubah Partisi GPT menjadi MBR tanpa kehilangan data


1. Siapkan flashdisk dan koneksi internet, karena kita membutuhkan software pihak ketiga, yaitu MiniTool Partition Wizard atau AOMEI Partition Assistant. yang akan kita download dan masukkan ke flashdisk sebagai bootable USB Flash Drive. Anda bisa mencarinya di internet.

2. Buat bootable USB Flash Drive yang berisi MiniTool Partition Wizard atau AOMEI Partition Assistant format ISO hasil unduhan tadi menggunakan software Rufus atau bisa juga menggunakan Yumi. Pilih salah satu aja ya. Anda bisa mendownload sofware Rufus disini dan Yumi disini.


Caranya buka Rufus > otomatis kolom device memilih drive flashdisk anda > klik kotak ISO Image > pilih lokasi penyimpanan MiniTool Partition Wizard > klik file ISO nya > klik Open > lalu pilih start.

3. Setelah jadi USB bootablenya, tancapkan pada laptop yang akan dirubah partisinya. Jadikan USB Flash Drive pada urutan boot pertama.

4. Jika sukses maka program MiniTool Partition Wizard akan terbuka > pilih urutan pertama ' MiniTool Partition Wizard Boot Disc.

5. Berikutnya akan muncul tampilan utama program ini > pilih hardisk yang akan anda rubah partisinya menjadi MBR (ingat pilih pada hardisk bukan partisinya) > klik Convert GPT disk to MBR disk > klik Apply > tunggu proses selesai.

Catatan: aplikasi MiniTool Partition Wizard maupun AOMEI Partition Assistant tidak hanya bisa merubah partisi hardisk dari GPT ke MBR, tapi bisa sebaliknya, yakni merubah partisi hardisk dari MBR ke GPT. Selain itu sofware ini juga mampu mengconvert partisi dari FAT ke NTFS atau sebaliknya, yaitu NTFS ke FAT. Dan masih banyak lagi kegunaan yang lainnya.

6. Terakhir restart laptopnya, sekarang siap untuk proses instalasi windows seperti biasa.


Semoga artikel ini bermanfaa dan bisa membantu. Sumber 

0 Response to "Cara Merubah Partisi GPT menjadi MBR tanpa kehilangan data"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel