Cara Mengatasi Windows 10 Hang atau Freeze

Halo sobat kali ini saya akan membahas cara Mengatasi Windows 10 yang Mengalami Freeze. Hal yang paling menyebalkan ketika menggunakan laptop atau komputer dengan sistem operasi windows 10 adalah disaat windows 10 yang kita gunakan sering mengalami  freeze atau ngehang. Komputer atau pun laptop yang mengalami freeze ini akan menjadi hang tidak bisa bergerak dan juga tidak bisa digunakan dengan normal sebagaimana mestinya. Beberapa hal yang sebenarnya dapat mengakibatkan masalah pada Windows 10 dikomputer kamu yang mengalami freeze, seperti kerusakan pada software karena terjadi crash pada software ataupun kerusakan hardware. Maka dari itu kita sebagai pengguna komputer ataupun laptop harus selalu teliti dan jeli dalam melihat apa saja kerusakan dan yang menyebabkan windows 10 ini mengalami masalah freeze. Nah untuk cara mengatasinya kalian bisa membacanya dibawah ini.


Cara Mengatasi Windows 10 yang Mengalami Freeze :

1. Mematiakan/menonaktifkan C-States pada BIOS
Cara mengatasi windows 10 yang mengalami  freeze dan hang ini adalah dengan cara menonaktifkan C-states yang ada pada BIOS. C-States ini pada dasarnya adalah fitur yang pada BIOS yang berfungsi untuk mengehmat daya. Dengan adanya C-States pada komputer ataupun laptop ini berfungsi untuk menurunkan tegangan sistem / multipliers dll untuk memastikan bahwa pada saat komputer tidak digunakan maka komputer akan menggunakan daya yang sesedikit mungkin.

Untuk Cara untuk menonaktifkan C-States pada bios kalian bisa mengikuti cara di bawah ini:
1.  Cara pertama untuk menonaktifkan C-states pada bios adalah dengan merestart komputer ataupun laptop kamu kemudian menekan tombol F2 secara terus menerus pada keyboard sampai masuk ke menu Bios. Cara masuk ke Bios ini berbeda-beda tergantung pada komputer  ataupun laptop yang kamu gunakan, namun cara yang paling umum adalah cara diatas.

2. Jika kamu sudah masuk ke menu bios, kamu bisa menggunakan tombol panah untuk memilih ataupun menavigasi pada menu. Kemudian kamu buka tab Advanced, lalu masuk ke opsi CPU Configiration.

3. Selanjutnya kamu pilih tab C1E Function dan Intel (R) C-STATE tech, dan pastikan settingannya Disabled.

4. Setelah menonaktifkan C-States di bios tadi, maka selanjutnya adalah keluar dari settingan BIOS dan menyimpan setingan pada bios tersebut dengan cara menekan tombol F10. Dan restart kembali komputer kamu.

2. Menggunakan Safe Mode.

Cara yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan Safe Mode :
Untuk masuk kemenu Safe Mode yang  haru kamu lakukan adalah me restart komputer kamu dan menekan tombol F8 berkali-kali sampai masuk keluar menu Advance Boot Options lalu pilih Safe Mode. Apabila windows10 kamu dapat bekerja secara normal di dalam Safe Mode, maka restart lah kembali komputer kamu seperti biasanya, cara ini digunakan untuk memberikan efek kejut pada windows agar sistem dapat bekerja secara normal.

3. Menggunakan Last Known Good Configuration.
Caranya restartlah komputer kamu dan menekan tombol F8 pada keyboard secara terus menerus samapai muncul menu Advanced Boot Options, Kemudian pilihlah Last Known Good Configuration. Cara ini berfungsi untuk menjalankan windows kedalam keadaan terakhir kali windows di gunakan dalam keadaan terbaik, dan juga mengembalikan driver dan pengaturan registri. Kemudian restart lah kembali komputer kamu.

4. Menscan komputer ataupu laptop kamu dengan antivirus di Safe Mode
Adanya virus ataupun malwer di windows kamu itu bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya Freeze. Untuk menscan windows kamu terdapat virus atau tidak, kamu bisa mengeceknya di dalam safe mode.

5. Mereset CMOS.
Cara selanjutnya yaitu dengan melakukan reset pada CMOS. Sedikit pengertian dan fungsi dari CMOS, CMOS atau singkatan dari (Complementary Metal Oxide Semiconcuktor) adalah sebuah batrei yang berukuran kecil yang berfungsi sebagai RAM berkapasitas kecil yaitu sebesar 64 byte untuk menyimpan settingan pada BIOS (Basic Input Output System) sehingga semua pengaturan yang kamu simpan baik itu settingan boot, settingan tanggal dan waktu dan lain-lain akan tetap tersimpan dalam konfigurasi yang benar tanpa kesalahan walaupun tidak ada aliran arus listrik. Untuk cara mereset CMOS  kamu hanya perlu melepas baterai CMOS yang berbentuk bulat di dalam motherboard kemudian memasangnya kembali.
6. Cek kembali semua kabel dan hardware di komputer kamu dan pastikan terpasang dengan benar.
Pemasangan kabel dan hardware yang tidak benar juga bisa dapat menyebabkan windows kamu mengalami freeze. Untuk itu kamu perlu mengecek kembali apakah semua Hardware dan Kabel yang terpasang sudah terpasang dengan baik atau belum kemudian memasangkannya kembali.

Itulah artikel tentang cara  Cara Mengatasi Windows 10 yang Mengalami Freeze jika ada yang salah dan kurang lengkap kalian bisa menambahkannya di bawah ini terimakasih.

ARTIKEL : TUTORDROIDKOM

0 Response to "Cara Mengatasi Windows 10 Hang atau Freeze"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel