Cara memblokir situs di MikoTik dengan menggunakan layer 7 protokol

Halo sobat pada artikel ini Droid.Techno akan mensharing tentang cara memblokir situs di MikroTik dengan menggunakan L7 protokol atau layer 7 Protokol. Pada artikel sebelumnya Droid.Techno sudah memberikan tutorial cara memblokir situs dan ekstensi di MikroTik dengan menggunakan Web Proxy kalian bisa membacanya dengan mengklik link Disini.

Sebelum ke tutorial nya kita bahas dulu apa itu Layer 7 Protokol dan maksud tujuan.

Pengertian layer 7 protokol: 

Layer 7 protokol adalah sebuah fitur yang terdapat di mikrotik yang dapat ditemukan pada menu firewall yang biasa digunakan untuk memblokir situs,conten dan juga bisa memblokir bandwith dan download file.. Dan layer7 protocol ini adalah suatu metode untuk mencari pola pada aliran ICMP / TCP / UDP.

Maksud dan Tujuan:

Pada umumnya penggunaan pemblokiran situs ini sering digunakan di Sekolah dan Warnet, dikarenakan untuk menghidari para siswa maupun guru dan para pengguna warnet yang ingin membuka situs terlarang seperti situs porno dan lain lain.
Setelah kita mengetahui apa itu layer 7 protokol dan maksud tujuannya maka kita akan lanjut ke tutorial cara memblokir situs di MikroTik dengan menggunakan layer 7 protokol di bawah ini.

Cara memblokir situs di MikoTik dengan menggunakan layer 7 protokol :

1. Pertama kita cek dulu situs yang akan kita blokir contohnya facebook apakah bisa dibuka atau tidak.
2. Kemudian bukalah aplikasi Winbox di komputer anda. 
3. Lalu masuk ke menu IP ==> Firewall==>Layer 7 protokol==>klik tanda + ==> dan isikan
^.+(facebook.com).*$
untuk membuat baru rules regexp yang akan digunakan untuk memblokir situs facebook seperti di gamabar.
4. Kemudian membuat firewall rules baru dengan klik tanda + di filter rules dan isikan: Chain = forward. Src addres= ip client yang akan di blok lalu ke tab advance: layer 7 protokol isikan blok facebook dan di tab action pilih drop seperti di gambar.


5. Jika sudah di setting semua maka tinggal ke pengetesan
6. Buka browser kamu dan ketikan facebook.com dan jika berhasil maka situs tersebut tidak akan terbuka dan tampilanya seperti ini
Oke cukup sekian semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kalian semua jika ada yang ingin menambah kan kalian bisa berkomentar di bawah.

0 Response to " Cara memblokir situs di MikoTik dengan menggunakan layer 7 protokol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel