Cara blokir situs dan eksetensi di MikroTik

Halo sobat semua, udah lama nih Droid.Techno  gak update artikel baru, karena akhir-akhir ini admin lagi sibuk belajar buat perang menghadapi ukom dan unbk biasa lah anak kelas 12. Ok lah langsung saja kali ini Droid.Techno akan membahas tentang cara memblokir situs di Mikrotik dengan menggunakan Web Proxy. 

Kenapa Web Proxy karena Proxy adalah suatu aplikasi yang digunakan atau dijadikan sebagai perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan langsung berhubungan dengan server di Internet. Dan di Mikrotik ini memiliki fitur Web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server yang nantinya akan digunakan sebagai perantara antara aplikasi browser user dan dengan web server yang ada di internet. Dan fungsi yang secara umum dari proxy adalah yaitu sebagai Caching, Filtering, dan Connection Sharing. Dan semua fungsi itu dapat kalian temui juga di web proxy  Mikrotik. Ok langsung saja simak tutorial cara blockir situs dimikrotik dengan menggunakan web proxy:

Cara Blokir Situs Di Mikrotik Dengan Menggunakan Web Proxy : 

1. Buka  Winbox untuk mengakses mikrotik
2. Lalu pilih Ip kemudian pilih web proxy  seperti digambar





3. Di web proxy setting seperti digambar : * enbale di cek list

                                                                     * port isi 8080
                                                                     * chace administrator isi nama kalian
                                                                     * lalu klik apply dan accses





4. Di accses : jika kalian ingin ngeblock situs maka kalian isi contoh Dst host : linux.or.id (nama domain website. seperti digambar.


5. Jika kalian ingin memblockir file ekstensi contoh kalian ingin memblockir yang berekstensi .mp4,.mkv,.exe,mp3,.apk,dll maka kalian setting seperti gambar di bawah ini.



6. Kemudian setelah kalian mensetting web proxy maka seanjutnya kita buat transparant proxy. karena jika tidak kita buat maka situs yang sudah kita setting di web proxy tadi tidak akan ke blokir.

7. Membuat transparant proxy yaitu ke ip firewall Nat dan setting seperti gamabar dibawah ini.
Di in interface itu isikan interfaces mana yang mau di blokir jika semua interfaces ingin diblokir maka tutup saja .

Jika semua sudah di setting maka tinggal ke tahap pengetesan, yaitu dengan membuka browser dan masukan url yang akan di blok, jika berhasil maka akan FORBIDEN
 




0 Response to "Cara blokir situs dan eksetensi di MikroTik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel