Cara mengatasi komputer dan laptop yang blank hitam saat di nyalakan "Black Screen"

Cara mengatasi komputer atau laptop yang blank hitam saat dinyalakan>> masalah yang sudah sering terjadi. Ada beberapa macam penyebab mengapa komputer atau laptop yang kita gunakan hanya menampilkan warna hitam saja tetapi anehnya lampu indikator menyala semua. Masalah ini bisa di sebabkan karena  beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja komputer atau laptop, baik dari sisi hardware nya ataupun dari softwarenya. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena di sini Droid.Techno akan memberikan langkah-langkah mudah untuk mengatasi komputer atau laptop yang blank hitam saat dinyalakan.
 
Berikut beberapa permasalahan yang umum terjadi :

1. Yang pertama yaitu masalah dari hardware, baik dari monitor nya atau dari kabel listrik dan VGA. Lakukan pemeriksaan seperti berikut ini:
  • Matikan komputer dan nyalakan lah kembali monitor dan tunggu lah beberapa menit dan lihatlah apakah komputer sudah kembali normal.
  • Goyangkan mouse dan menekan tombol pada keyboard sampai muncul tampilan di layar monitor
  • Periksa kabel VGA sudah terpasang dengan baik atau tidak.
  • Dan pastikan keyboard sudah terhubung dengan komputer karena biasanya komputer tidak akan hidup jika tidak ada keyboard
  • Kemudian, jika kamu sudah melsemua seperti diatas, maka restart komputer kamu dan lihat  lah apakah komputer kamu kembali normal atau tidak. 

2. Jika cara di atas belum juga berhasil maka cara selanjutnya adalah denga membongkar komputer kamu dan lepaskan RAM yang ada dikomputer kamu lalu bersihkan dengan menggunakan penghapus pensil. Karena hal ini bisa saja terjadi karena RAM yang tidak terbaca oleh komputer dikarenakan RAM kotor tertutup oleh debu dan kotoran lainnya. 
 
Setelah di bersihkan lalu pasangkan kembali RAM di motherboard komputer kamu, pastikan terpasang dengan benar. Lalu coba hidupkan kembali komputer atau laptop kamu dan lihat apakah sudah kembali normal atau belum. Pada umumnya cara ini lah yang paling ampuh.
3. Cek monitor dan kabel vga. Hal ini bsa saja terjadi karena monitor ataupun kabel vga kamu yang rusak oleh sebab itu kamu harus mengeceknya.
4. Lepaskan  tambahan hardware. Lepaskan  tambahan hardware yang terhubung dengan komputer kamu karena hal ini juga dapat menyebabkan komputer atau laptop kamu mengaami masalah layar blank hitam saat digunakan.

5. BIOS (basic input output) adalah sistem dasar komputer yang mengontrol hubungan antara hardware dan software. BIOS ini bisa saja rusak. untuk cara mengatasi nya yaitu dengan masuk ke menu safe mode untuk memeriksanya. 
  • Nyalakan komputer atau laptop kamu dan tekan tombol F2 pada keyboard kamu saat komputer masih blank hitam saat dinyalakan.
  • Untuk masuk ke BIOS /safe mode ini berbeda beda tergantung merk komputer dan laptop kamu. kamu bisa searching di google untuk mengetahuinya.
  • Setelah masuk lalu kamu pilihlah "Last Known Good Configuration" untuk kembali ke sistem  saat terakhir kali digunakan.
6. Sistem operasi rusak. Jika sistem operasi windows kamu rusak kamu bisa meng install ulang komputer atau laptop kamu dengan Flashdisk ataupun CD/DVD. Kamu bisa seaching di google dengan keywoard Cara install ulang windows dengan Flashdisk atau CD/DVD

0 Response to "Cara mengatasi komputer dan laptop yang blank hitam saat di nyalakan "Black Screen""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel