6 Cara mengatasi missing operating system atau operating system not found

Haloo sobat kali ini Droid.Techno akan membahas tentang cara mengatasi komputer/Laptop yang muncul pesan error “Missing Operating System” saat di hidupkan. Penyebab operating system not found/Missing Operating System ini terjadi karena disebabkan oleh rusaknya system operasi windows sehingga muncul lah pesan error Missing Operating System pada komputer atau pun laptop kamu.

Cara Mengatasi Missing Operating System” atau “Operating System not found


Selain itu masalah laptop missing operating system yang terjadi pada komputer/laptop ini juga bisa di sebabkan oleh hal yang lain yaitu, bisa disebabkan karena terlalu banyaknya USB seperti flasdisk ataupun harddisk eksternal lain yang tidak dicopot saat komputer dimatikan. Hal tersebut bisa mengakibatkan BIOS yang ada di komputer menjadi binggung harus booting dari mana. Dan untuk cara mengatasinya yaitu dengan cara :

1. Lepaskan perangkat USB yang tidak penting dari komputer

Ini adalah salah satu penyebab error Missing Operating System yang paling sepele. Jikalau ada perangkat USB seperti Flashdisk ataupun Harddisk eksternal yang masih terpasang/tercolik di komputer/laptop ini bisa membuat BIOS menjadi bingung harus booting dari mana, dan hal ini juga bisa mengubah prioritas booting dari harddisk yang berisi sistem operasi ke perangkat lain secara otomatis. Solusinya coba lepaskan seluruh hardware USB yang terpasang di komputer kecuali mouse dan keyboard.

2. Ubahlah urutan prioritas booting pada BIOS

Searah dengan cara sebelumnya, ada kemungkinan urutan booting di BIOS ini secara tidak sengaja berubah. Solusinya yaitu masuklah ke BIOS anda saat pertama kali dinyalakan komputernya. Kemudian tekan tombol F2 ataupun Delete untuk masuk ke menu BIOS, cari bagian Boot Priority dan ubah ke harddisk yang berisi sistem operasi.

How to boot the system from the USB disk or the CD-ROM drive

3. Menggunakan System Recovery


Untuk cara yang selanjutnya yaitu dengan cara menggunakan system recovery. cara nya yaitu silahkan anda masukkan DVD instalasi Windows  ataupun flashdisk yang sudah berisi os windows (bootable) dan booting lah dari media tersebut. Lalu kemudian pada jendela System Recovery Options pilihlah  Startup Repair Automatically, dan tunggulah prosesnya sampai selesai dan coba masuk kembali ke Windows anda.

4. menjalankan proses Checkdisk

Cara selanjutnya yaitu dengan menjalankan proses Checkdisk. Pertama yaitu silahkan anda coba melakukan Checkdisk pada partisi Windows (biasanya sih di C:\)dengan mengetikan perintah berikut:

chkdsk c: /f /r – Perintah ini akan memperbaiki error yang ada dalam harddisk anda dan juga bisa memulihkan data yang hilang.

5. Cek kabel Harddisk yang terpasang

Jika masih gagal/tidak berhasil dengan cara yang di atas maka cara yang selanjutnya yaitu cobalah cek kabel yang terpasang pada harddisk atau motherboard mulai longgar,Untuk cara melakukannya silahkan bongkar casing Komputer atau laptop anda dan lepaskan socket kabelnya (harddisk) kemudian pasang kembali kabelnya.
cara melepaskan harddisk laptop

6. Menginstall ulang os windows

Jika cara diatas sudah dilakukan semua dan komputer/laptop anda belum juga terbebas dari masalah Missing Operating System yang menyebalkan ini maka cara yang terakhir adalah dengan menginstall ulang sistem operasi windows di komputer atau laptop anda.

SARAN :demi keamanan data anda saya sarankan bawalah ke service laptop terdekat. 


0 Response to "6 Cara mengatasi missing operating system atau operating system not found"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel