5 Cara mudah untuk mengatasi blue screen di pc/laptop

Haloo sobat kali ini Droid.Tekno akan membahas tentang Cara Mengatasi Blue Screen>>> Apa itu blue screen.....? Blue screen of death atau kadang disebut layar biru adalah istillah untuk layar yang ditampilkan microsoft windows ketika mengalami kesalahan sistem atau disebut stop error oleh Microsoft. Ada beberapa yang menyebabkan munculnya blue screen pada komputer/laptop ini. 
Di antaranya yaitu driver peralatan yang kurang bagus, kesalahan memoriregistry yang mengalami kerusakan atau juga  penggunaan file DLL yang tidak cocok.
 
5 Cara mudah untuk mengatasi blue screen di pc/laptop
tampilan blue screen.

Cara mengatsinya :

1. Melakukan restart pada komputer/laptop kamu.

Cara pertama untuk komputer atau laptop yang mengalami blue screen yaitu    dengan     melakukan restart. Jika layar laptop/pc kamu sudah menunjukkan tampilan biru (blue scren), kamu  tekan tombol power hingga laptop/pc kamu benar-benar mati. Lalu kemudian nyalakan kembali dan tunggu hingga proses booting selesai. Biasanya cara ini akan berhasil untuk mengatasi blue screen dan crash akibat dump memory atau kesalahan sistem. Jika cara ini belum berhasil , maka silahkan coba tutorial selanjutnya.

     2. Menggunakan Safe Mode dan System Restore

Cara yang ke dua ini kita akan memanfaatkan fitur safe mode yang ada pada sistem operasi windows, cara ini lumayan ampuh dan banyak digunakan oleh mereka yang sering mengalami error di windows, Caranya yaitu:
  1. Mematikan komputer/laptop yang mengalami blue screen dengan menekan tombol power. Dan pastikan lampu indicator sudah menandakan bahwa komputer/laptop benar-benar mati.
  2. Lalu kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol power, pada saat proses booting sedang bejalan lalu tekan tombol F8.
  3. Kemudian akan muncul menu kalian pilih safe mode untuk masuk ke mode aman.
  4. Jika sudah berhasil masuk ke safe mode, klik Start > Control Panel > System & Security > Open System Restore > Pilih Next > Dan next lagi > lalu kemudian Finish > Yes.
  5. Lalu kemudian komputer/laptop akan melakukan restart sendiri, dan  tunggu proses bootingnya selesai dan akan muncul menu home screen seperti biasa.
   3. Menggunakan metode Repair Windows

Apabila menggunakan cara safe mode diatas ternyata belum cukup untuk mengatasi blue screen pada komputer/laptop kamu. Maka kita akan menggunakan cara selanjutnya yaitu dengan cara merepair windows nya agar error dan crash yang sering terjadi bisa hilang dari komputer/laptop kamu. Namun untuk cara ini kalian membutuh CD berisi OS windows atau flashdisk yang sudah berisi os windows yang akan digunakan untuk merepair. Apabila jika memang blue screen yang terjadi memang karena ada data di windows yang corrupt, maka car ini adalah solusi yang sangat tepat.
     4. Lakukan pengecekan pada Hardware
Komputer/laptop Blue screen ini, bisa terjadi karena adanya crash baik itu dari software ataupun hardwarenya. Jadi pastikan semua komponen hardware komputer kamu dalam keadaan baik dan bekerja secara sempurna. Apabila jika ada salah satu komponen hardware yang tidak bekerja dengan baik tentu bisa  menggangu performa komputer/laptop secara keseluruhan. Contohnya hardisk yang mengalami bad sector atau ram yang telah aus dan lain-lain.
     5. Lakukan Install Ulang pada Windows
 Apabila Jika semua cara diatas telah di lakukan dan tidak juga berhasil dan blue screen masih sering terjadi, maka cara terakhir yang bisa di lakukan yaitu dengan melakukan install ulang. Cara ini akan memperbarui sistem operasi secara keseluruhan, sehingga jika ada bug,virus,malwer ataupun corrupt pada data akan diperbaiki.

0 Response to "5 Cara mudah untuk mengatasi blue screen di pc/laptop "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel