Pengertian sistem operasi dan fungsinya

Assalamuallaikum kawan

       Pada kesempatan ini saya ingin  membahas tentang pengertian dan fungsi dari Sistem Operasi. Mungkin pada sebagian orang sistem operasi ini sudah tidak asing lagi dengan kata yang biasa disingkat OS ini (Operating System). Namun ada juga yang belum paham/megerti/tidak tau sama sekali apa itu Sistem Operasi (OS).

Oke.....untuk itulah saya membuat artikel ini agar kawan semua tidak tahu menjadi tahu.

1.Pengertian Sistem Operasi

     
 Sistem operasi ( operating system) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
Sistem operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.
Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan alokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan menghubungi OS atau terputus oleh itu. Sistem operasi yang ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web.
Contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

2.FUNGSI

  1. Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
  2. Sistem operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
  3. Sistem operasi yang disusun/diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.

0 Response to "Pengertian sistem operasi dan fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel