cara mengatasi windows error recovery

Windows error recovery  adalah  kasus yang bisa terjadi di  komputer baru ataupun komputer yang lama. Masalah umumnya  yaitu  bisa disebabkan karena ada kesalahan start up sistem operasi komputer kita. 

Untuk cara mengatasinya yaitu, kamu bisa menggunakan  Windows Recovery Tool untuk melakukan repair sistem operasi secara otomatis.

Recovery Windows Tool adalah alat untuk memperbaiki atau memulihkan beberapa kesalahan pada sistem operasi Windows, terutama saat start up dll. Dengan 
Recovery Windows Tool yang sudah terinstal di dalam sistem operasi Windows maka Recovery Windows Tool  akan  menscan dan mencari tahu kerusakan atau file sistem yang corrupt di sistem operasi windows komputer kamu.

Oke langsung saja ke cara mengatasi Windows error recovery :


Start up Repair Tool Windows
Untuk komputer baru ataupun lama, ini biasanya terjadi karena malware atau virus berbahaya yang merusak file yang ada di sistem, sistem operasi. Bisa juga karena pemasangan hardware baru yang tidak didukung, atau driver hardware yang di instal di istem operasiwindows  tidak kompitabel dengan Windows. Masalah lainya karena komputer mati secara tak terduga seperti saat listrik padam.

Jika Windows tidak bisa booting dan menampilkan layar hitam dengan pesan "Recovery Error", maka restart komputer  dengan menekan Ctrl-Alt-Del atau bisa kina matikan lal hidupkan komputernya ,tlalu tekan F8 sampai menampilkan pesan "Advanced Boot Options". Setelah itu pilih "Launch Startup Repair (Recommended)" kemudian pilih "Repair Your Computer". seperti di gambar.


Langkah selanjutnya yaitu opsi memilih metode input keyboard, utuk komputer yang di gunakan di indonesia  Biasanya  adalah tipe US, lalu  klik  "Next" untuk melanjutkan proses repair.
Langkah selanjutnya yaitu akan muncul jendela pilihan System Recovery Options. Lalu Klik pada Startup Repair untuk memulai proses trouble shooting dan menyelesaikan permasalahan startup Windows.


Kemudian Proses recovery sedang berjalan dan melakukan scan pada komputer kamu.Proses ini membutuhkan  waktu yang cukup lama ataupun sebentar, tergantung dari parah atau tidaknya kerusakan di sistem operasi windows komputer kamu.

Setelah melakukan proses scan, lalu akan muncul jendela baru yang akan meminta kamu untuk melakukan restore sistem. Klik tombol restore untuk mengeksekusi perintah restore, atau klik cancel untuk melakukan scan dan repar lagi (biasanya jika kerusakan startup parah maka akn keluar jendela untuk melakukan restore lagi).

Jika kamu memilih untuk melakukan restore, maka akan muncul jendela baru yang menunjukan tempat sistem operasi di instal. Klik Finish untuk memulai proses system restore Windows.


Kemudian setelah mengikuti tutttorial di atas biasanya masalah pada Windows error recovery sudah teratasi, jika masalah tersebut belum selesai maka akan keluar pesan "Starup Repair this computer automatically". Jika itu terjadi, kamu bisa melakukan dengan cara manual dengan menggunakan DVD instalasi software Windows ataupun flashdisk bootable yang sudah terisi software installasi windows.
Cara melakukanya yaitu, ubah booting di komputer dengan menekan F12 pada saat komputer di hidupkan (booting) lalu pilih booting dengan instalasi Windows dari DVD ataupun flashdisk.

Setelah proses loading Windows berjalan, Klik "Repair" dan ikuti langkah-langkah  seperti diatas.


5 Responses to "cara mengatasi windows error recovery"

  1. Kak, kalo ctrl+alt+del ngga bisa gimana kak? Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Halo ka ABCDE kalo pencet CTRL+ALT+DEL gak bisa. dicoba patiin paksa terus idupin lagi langsung tekan tombol f8 berulang2

    ReplyDelete
  3. Kak mau nanya, layar laptop error tapi masih menyala gimna cara baikinya kak?

    ReplyDelete
  4. Mau tanya dong.,kenapa laptop asus sya kok eror nya ada warna biru

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel