Cara mengatasi komputer/laptop lemot

Haloo sobat kali ini Droid.Tekno akan membahas tentang cara mengatasi komputer/laptop yang lambat atau lemot. Permasalahan pada komputer ataupun laptop yang lambat dalam bekerja ini, memang sangat menyebalkan dan merugikan bagi para penggunanya. Bagaimana tidak banyak pekerjaan yang tidak kunjung selesai dikarenakan komputer/laptop yang kita gunakan untuk keperluan pekerjaan ini menjadi sangat lambat, dikarenakan kinerja komputer dan laptop tidak  bisa bekerja dengan baik. 
cara mengatasi komputer lemot

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer/laptop kamu berjalan lambat/lemot. Berikut ini adalah 8 penyebab dan cara mengatasi komputer/laptop lemot:

8 penyebab dan cara mengatasi komputer/laptop lemot:

1. Komputer/laptop lambat karena kekurangan Memory 

Masalah komputer lambat karena kecilnya RAM yang terpasang di komputer/laptop merupakan hal yang umum dan sudah diketahui oleh semua pengguna komputer. 

Untuk itu cobalah kamu cek kapasitas memory yang terpasang.dan cara mengatsinya yaitu upgrade ram,processor,hardisk komputer/laptop kamu.



2. Komputer/laptop lambat karena terlalu banyaknya program software yang terinstall di komputer/laptop.

Periksalah program apa saja yang jarang di gunakan di komputer/laptop kamu lalu uninstall program tersebut agar komputer/laptop tidak lambat/lemot.

3. Komputer/laptop lambat karena terlalu banyak startup program dan service yang berjalan.


Hal ini berkaitan dengan cara  no 2 diatas, semakin banyak program/software yang terinstall di komputer/laptop kamu, semakin banyak pula program/software dan service yang dijalankan ketika windows startup. 

Untuk cara menonaktifkan startup program dan service yang berjalan secara otomatis tersebut, yaitu dengan masuk ke "System Configuration Utility" dengan cara ketik: msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.


4. Komputer/laptop lambat karena Temporary File yang sudah membengkak

Penyebab komputer/laptop yang lambat selanjutnya adalah sudah membengkaknya file-file temporary (sementara). Lokasi file temporary ini adalah sebagai berikut:


  1. Windows XP :  C:\Documents and Settings\\Local Settings\Temp 
  2. Windows 7    :  C:\Users\\AppData\Local\Temp

    Untuk cara membersihkannya, yaitu dengan mendelete file-file yang terdapat di kedua lokasi tersebut,atau dengan cara menjalankan program Disk CleanUp dengan cara yaitu klik start-run, ketik: "cleanmgr" lalu kemudian  pilih drive yang akan di-cleanup/dihapus. 

    5. Komputer/laptop lambat karena masalah pada hardisk


    Hardisk yaitu merupakan komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer/laptop menjadi lambat. Masalah Komputer/laptop lambat yang disebabkan oleh hardisk ini diantaranya yaitu dikarenakan:



    1. hardisk yang  low space
    2. hardisk yang terfragmentasi
    3. hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun
    4. hardisk yang error / bad sector

    Untuk cara mengatasi komputer/laptop yang lambat karena masalah pada hardisk diatas yaitu:

    1. upgrade kapasitas hardisk dengan cara menambah atau mengganti hardisk
    2. melakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
    3. hindarkan hardisk dari debu dan panas berlebih.
    4. perbaiki kerusakan pada hardisk dengan tool checkdisk.

    7. Komputer/laptop lambat karena adanya virus, malware atau spyware pada komputer.

    Cara mengatasinya yaitu dengan menscan komputer/laptop yang terkena serangan virus, malware dengan antivirus terpercaya yang sudah di uji.

    8. Komputer/laptop lambat karena System Files ada yang corrupt.


    Hal ini biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus/malware  dan file-file yang terinfeksi virus/malware tersebut terlanjur rusak atau kedelete oleh antivirus. Solusinya yaitu dengan merepair sistem operasi yang digunakan di komputer/laptop.

    0 Response to "Cara mengatasi komputer/laptop lemot"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel