Cara mengamankan akun sosial media


Hai sobat  pernahkah kamu merasa khawatir akun sossial media kamu seperti Facebook, Instagram, 
twiter,dll di retas oleh seseorang atau hacker....!?
Tentu hal ini sangat meresahkan dan sangat merugikan. Apalagi saat akun sosial kamu diretas, si penjahat cyber yang tidak bertanggung jawab dan  menggunakannya untuk menipu teman2 di Facebook dan membajak chat kamu dengan doi.
Jika kamu tidak ingin menjadi korban hacker,
berikut adalah 5 tips&trik agar akun sosial media kamu terhindar dari serangan hacker.




1. Gunakan Password yang Sulit Ditebak

        Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu dengan menggunakan password yang sulit ditebak oleh mesin ,internet  maupun oleh orang yang kamu kenal.
Jangan menggunakan  password yang mudah ditebak contoh : daftar angka atau huruf berurutan serta tanggal lahir.
Selain itu, kamu juga perlu menghindari kombinasi password pendek. Dengan kata lain, kamu bisa menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol untuk membuat password sulit ditebak.

2. Aktifkan Two-Factor Authentication

        Sosial media seperti Facebook dan Instagram kini memiliki fitur keamanan two-factor authentication atau dalam bahasa indoneisanya  autentikasi dua-faktor.
Pengertian two factory authentication 
dengan mengaktifkan fitur wo-factor authentication ini saat kamu ingin login ke perangkat lain (misalnya masuk lewat web browser) selain diminta memasukkan password, Facebook akan mengirimkan kamu notifikasi lewat aplikasi Facebook di smartphone.

3. Jangan Klik Link Sembarangan

       Kalau kamu menerima email yang isinya link dengan iming-iming hadiah, jangan langsung semangat untuk mengekliknya. Bisa jadi link atau tautan tersebut adalah jebakan phishing yang mengarahkan kamu untuk masuk ke akun Facebook.
Jika ini terjadi, maka jangan sesekali  login dan lebih baik mengabaikannya saja

4. Jangan Pilih Opsi "Remember Me" saat Login Lewat Komputer Umum

       Salah satu hal yang harus kamu ingat saat login sosial media di komputer/laptop teman atau warnet pastikan tidak mengiyakan fitur remember me pada saat login .Dan pastikan juga melogout akun sosial media kamu.

5. Selalu Amankan Email Kamu

       Email adalah syarat mutlak kamu bisa memiliki akun medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan lain-lain. Untuk itu, kamu harus memastikan akun email kamu aman.Dan pastikan juga email kamu memiliki password yang kuat (tidak mudah ditebak)

0 Response to "Cara mengamankan akun sosial media "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel